Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Makanan olahan tengah mendapat tempat di hati masyarakat. Perkembangannya di Kabupaten Cirebon menggembirakan, baik makanan kering maupun basah.

Kondisi ini turut memacu masyarakat lain untuk membuat kreativitas yang sama dalam memproduksi makanan olahan. Salahsatunya dalam bentuk pelatihan produksi makanan olahan di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Pantauan cirebonplus.com Kamis (13/7), yang ikut pelatihan adalah warga setempat yang tergabung dalam kelompok pembuat pindang. Pelatihan kewirausahaan dari pemerintah desa itu menghadirkan sejumlah tutor berkompeten di antaranya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Cirebon.

Pelatihan diikuti 100 orang. Sejak pukul 09.00 hingga 14.00 mereka  dibekali pengetahuan dan praktik tentang pengolahan produk dan pemasaran.



Panitia Pelatihan Kewirausahaan. Suharnoko mengatakan, tujuan pelatihan agar para pembuat pindang bisa lebih kreatif dalam mengolah makanan yang dibuat.

Dengan menghadirkan ahli membuat  pindang, ahli pengolahan bahan ikan, peserta juga mendapatkan ilmu lain seperti pembuatan abon dari bahan yang sama. Menurutnya, pengolahan ikan sistem tradisonal harus beralih ke pola modern yang lebih bersih, higenis, dan bernilai jual tinggi.

“Mereka juga mendapatkan pelatihan tentang pemasaran. Kami berharap pengolahan pindang yang ada di Desa Pesanggrahan bisa bersaing dengan produk daerah lain dan bisa dikenal oleh wisatawan yang datang ke Cirebon,” paparnya. (*)

Laporan: Khairun Yasir

About Admin

Pasanggrahan adalah desa di kecamatan Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Jangan Ragu Untuk Berkomentar


Top