Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Mulai tanggal 1 Agustus 2019, Kelompok Mahasiswa KKN STIBA dan STKIP Invada Cirebon yang ditempatkan di Desa Pesanggrahan, Kec. Plumbon, Kab Cirebon mengadakan bimbingan belajar gratis untuk semua tingkatan Sekolah mulai dari SD/MI sampai dengan SMA/MA. Bimbingan belajar ini berlokasi di posko Mahasiswa KKN STIBA dan STKIP Invada Cirebon.

Bimbingan belajar ini hanya diikuti oleh siswa/siswi SD/MI dan SMP/MTS saja. Sedangkan, untuk kalangan siswa/siswi SMA/MA masih kurang berminat karena banyak bimbingan belajar yang lebih mendukung untuk membantu mereka dalam belajar dalam menghadapi ujian sekolah, menghadapi UN (Ujian Nasional) maupun ujian tulis untuk masuk perguruan tinggi.

Kegiatan bimbel ini diinformasikan melalui berbagai cara diantaranya melalui pengumuman di balai desa oleh kepala desa, dan penyampaian kepada anak-anak Taman Pendidikan Al-quran (TPQ), dengan adanya informasi tersebut membuat mereka tertarik dengan alasan bimbingan belajar yang diadakan tanpa di pungut biaya (Gratis).

Pic. KKN STIBA & STKIP INVADA


Pelaksanaan bimbingan belajar ini dilakukan setiap hari senin, rabu dan kamis dimulai setelah Pulang sekolah sampai sebelum Magrib. Menurut Leli Partini salah satu Mahasiswa yang ikut mengajar di bimbel, anak-anak yang datang sangat bersemangat, antusias mereka sangat besar dalam mengikuti bimbel ini, hal ini dapat di buktikan dengan jumlah peserta selalu bertambah setiap harinya "Wah, anak-anak yang datang kesini selalu bertambah ya, padahal waktu awal hanya ada 2 orang" Ujarnya.

Mata pelajaran yang diadakkan di bimbel ini bervariasi, menyesuaikan dengan kesulitan yang dialami oleh kebanyakan peserta bimbel diantaranya adalah bahasa Jepang, bahasa inggris, Origami dan Matematika. Namun yang paling sering dikeluhkan anak-anak adalah pelajaran matematika dan bahasa inggris sehingga intensitas belajar matematika dan bahasa inggris dilebihkan. Berbagai model pembelajaran dilakukan agar peserta bimbel dapat menyerap dengan cepat ilmu-ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh beberapa Mahasiswa KKN STIBA dan STKIP Invada Cirebon.



Dengan adanya bimbingan belajar seperti ini, diharapkan dapat dijadikan pengalaman dalam melatih kemampuan  mengajar bagi Mahasiswa KKN STIBA dan STKIP Invada Cirebon serta ajang untuk menambah ilmu pengetahuan bagi peserta bimbel yang  dapat mencerdaskan anak-anak di Desa Pesanggrahan, serta menumbuhkan motivasi dan semangat belajar mereka.

About Admin

Pasanggrahan adalah desa di kecamatan Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Jangan Ragu Untuk Berkomentar


Top